MDF Board, Plywood, dan Partikel… Apa Sih Bedanya?

MDF Board, Plywood, dan Partikel… Apa Sih Bedanya?

Ada berbagai jenis bahan yang dipakai untuk membuat peralatan-peralatan rumah tangga yang dapat Anda temukan. Entah itu keperluan untuk dapur, keperluan untuk belajar, keperluan untuk tamu, dan masih banyak lagi. Meskipun terlihat serupa, tetap jenis-jenis yang digunakan untuk keperluan peralatan itu tidak sama, lho, ternyata. Ada plywood, partikel, dan MDF board.

Perbedaan Plywood, Partikel, dan MDF Board

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, memang ada tiga jenis bahan atau material yang seringkali dipakai dalam pembuatan furniture rumah atau peralatan-peralatan rumah tangga. Agar lebih mudah, Anda bisa menjewa jasa pemotongan MDF terbaik di kota Anda.

Plywood

Plywood, atau biasa dikenal juga dengan multipleks, adalah sebuah material yang berbentuk papan yang disusun dengan beberapa lapisan kayu dengan cara dilem, dan dimampatkan dengan tekanan yang tinggi. Bagi yang tidak mengetahui plywood, bahan ini dibuat dengan beberapa serat kayu serta kulit-kulit kayu.

Pada material plywood, memiliki permukaan luar yang terbilang lebih keras dibandingkan dengan bagian tengah. Fungsinya adalah agar permukaan luar dapat mereduksi adanya pemuaian baik itu dari sinar matahari maupun hujan. Selain itu pun, bahan ini menjadi tidak mudah lagi untuk ditekuk. Dengan hal-hal tersebut, membuat plywood menjadi tahan terhadap cuaca, kuat, tidak mudah ditekuk, dan akan sangat mudah untuk dibentuk, termasuk ketika dalam pembuatan furnitur-furnitur rumah.

Untuk plywood, terdapat beberapa jenis lain di antaranya adalah jenis yang terbuat dari kayu sengon, terbuat dari kayu pinus, dan juga terbuat dari kayu sungkai. Untuk ukuran jenis plywood ini pun bermacam-macam, yaitu 6 milimeter, 9 milimeter, 12 milimeter, 15 milimeter, 18 milimeter, terakhir 24 milimeter untuk ketebalannya. Sedangkan per lembarnya, ukuran standar untuk plywood yaitu 120 x 240 sentimeter.

MDF Cutting

Partikel Board

Berbeda dengan plywood, cara dibuatnya partikel board adalah dengan memadatkan serbuk-serbuk gergaji dengan bahan kimia dan ditekan menggunakan suhu yang tinggi. Keunggulan dari bahan partikel board adalah harga yang lebih murah dibandingkan dengan kedua jenis material lainnya. Ditambah lagi, bobot untuk material partikel board jauh lebih ringan juga dibandingkan dengan keduanya.

Hanya saja, pada bahan partikel board ini memang memiliki beberapa kekurangan, di antaranya adalah permukaan yang dinilai kurang halus jika dibandingkan dengan MDF, tidak dapat tahan air pula, sangat rapuh sehingga mudah keropos, dan terakhir adalah sulitnya dicat jika Anda ingin mengubah warnanya.

perbedaan papan mdf

MDF Board

MDF atau medium density fiberboard merupakan bahan yang akan sering Anda temui jika sering membeli furnitur atau peralatan rumah tangga dengan bahan kayu. Meski sama-sama dibuat dari serpihan, perbedaan antara partikel board dengan MDF adalah untuk jenis MDF, cara pembuatannya dengan menggunakan serpihan kayu, bukan hanya dengan serpihan gergaji. Jadi, material MDF dinilai akan lebih kuat.

Apalagi, dengan proses pengeleman atau perekatan ditambah dengan penekanan, MDF memang menjadi material yang kuat. Tidak hanya kuat, tetapi juga menjadi bahan yang sangat ringan untuk dapat dipindahkan. Maka dari itu, banyak orang yang memilih untuk menggunakan bahan ini sebagai furniture.

Kelebihan dari jenis bahan ini adalah memiliki permukaan yang jauh lebih halus jika dibandingkan dengan keduanya. Permukaan luar yang dibuat menjadi rata pun akan memudahkan saat ingin melakukan pengecatan ulang pada bahan jenis ini. Bahan MDF pun memiliki nilai beli yang lebih murah daripada plywood. Meskipun, ada bahan kimia yang dapat membuat alergi seseorang menjadi muncul.

Itulah ulasan mengenai perbedaan antara plywood, partikel, dan MDF board yang bisa kamu ketahui sebelum memakai salah satunya untuk dijadikan furniture. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.