Mengapa Anda Perlu Jasa Signage Jakarta?

Mengapa Anda Perlu Jasa Signage Jakarta?

Ketika membuka suatu usaha baik itu di bidang industri atau di bidang yang lainnya, tentu kita membutuhkan pemasaran. Salah ssatu cara memasarkan brand atau produk adalah dengan menggunakan singange. Lalu apakah tujuan lainnya ketika kamu menggunakan jasa signage Jakarta? Berikut ini penjelasannya.

Apa Itu Signage?

Signage adalah rancangan atau ketika Anda memakai simbol-simbol ataupun lambang-lambang yang berfungsi sebagai alat komunikasi untuk menunjukkan suatu informasi pada suatu kelompok atau pasar tertentu. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa tujuan diadakannya signage ialah untuk media pemasaran atau periklanan dan termasuk ke dalam jenis promosi.

Asal-usul Signage

Mungkin, bagi orang yang baru saja terjun ke dunia pemasaran akan asing dengan kata signage. Padahal, signage sudah ada di antara tahun 1975 sampai dengan tahun 1980-an. Bahkan, di masa itu lambang tersebut sudah menjadi viral atau booming. Signage sendiri memiliki kata tunggal yaitu sign, merupakan hal yang dapat menampilkan grafis yang didesain untuk menunjukkan informasi pada pasar yang dituju.

Signage juga ditujukan kepada orang-orang yang berfungsi sebagai penunjuk arah ke tempat-tempat tertentu, baik itu di dalam sebuah ruangan maupun di luar ruangan. Maka dari itu, Anda akan sering melihat signage. Seperti contohnya ketika Anda pergi ke sebuah mal, saat Anda ingin pergi ke toilet, pasti akan mencari simbol atau lambang toilet yang biasa menggunakan simbol laki-laki dan perempuan yang bersisian. Itulah signage.

signage jakarta
Contoh signage. Gmbar diambil dari Pinterest.

Bentuk Signage

Bentuk signage terbilang banyak karena tergantung dari fungsi dari signage tersebut dan lokasi peletakannya. Karena signage dapat digunakan untuk spanduk, banner, mural, billboard, bahkan sampai yang sederhana seperti marka jalan, papan informasi, dan juga papan nama. Lalu semakin bertambahnya waktu dan teknologi digital yang semakin maju, akhirnya signage pun sudah ada dalam bentuk elektronik atau digital.

Tujuan Utama Signage Jakarta

Tujuan utama signage, sebenarnya ada beberapa hal. Di antaranya adalah sebagai alat komunikasi, sebagai alat informasi untuk memberitahu orang-orang tertentu, dan lain sebagainya. Lalu untuk tujuan secara umumnya, bisa dikelompokkan menjadi beberapa fungsi, yaitu:

Informasi

Signage bisa bertujuan sebagai tempat penyampaian informasi mengenai layanan-layanan dan juga fasilitas-fasilitas, contohnya seperti pada peta, papan intruksi, ataupun direktori. Maka dari itu, signage sangat penting adanya agar tidak membingungkan.

Penunjuk Arah

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa signage bisa menjadi petunjuk bagi banyak orang atau orang-orang tertentu. Lebih jelasnya, tujuan dari signage sebagai penunjuk arah atau lokasi yang berasal dari fasilitas sosial dan fasilitas area untuk publik, contohnya papan penunjuk untuk jalan.

Identifikasi

Seperti namanya, identification ialah untuk memperjelas suatu hal atau untuk menunjukkan tanda dari fasilitas, contohnya adalah nama atau nomor-nomor ruangan, penanda untuk toilet atau kamar kecil, dan juga untuk penanda lantai.

Keamanan dan Peraturan

Safety yang berarti keamanan, sudah sangat jelas bahwa tujuan dari adanya signage adalah sebagai media untuk penyampaian petunjuk atau aturan keselamatan. Contohnya adalah pintu darurat yang bisa kamu temukan di gedung-gedung seperti mal, gedung perkantoran, rambu-rambu lalu lintas, dan bisa juga papan aturan dan tata tertib.

Perbedaan Dengan Labeling

Banyak orang yang masih menyamakan antara signage dan labeling atau label. Padahal, keduanya berbeda dan memiliki perbedaan yang sangat terlihat jelas. Labeling atau label memang mempunyai tujuan yang sama untuk memberikan informasi. Hanya saja, labeling biasanya digunakan untuk menjelaskan sebuah produk.

Itulah ulasan mengenai signage dan tujuan dari penggunaan jasa signage Jakarta. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.